Search This Blog

8 Makanan Penjaga Fungsi Mata Sampai Tua

fungsi mata

Sebenarnya makanan alami yang dapat meningkatkan fungsi mata cukup banyak. Dalam budaya masyarakat Indonesia, wortel seringkali yang menjadi super food untuk tujuan tersebut. Wortel memang berguna untuk mata dengan berbagai kandungan nutrisi di dalamnya. Namun ada banyak lagi makanan yang juga sama berkhasiatnya seperti wortel untuk menjaga kesehatan dan fungsi mata.

Gangguan pada mata ada beragam bentuknya. Dalam jangka panjang seseorang dimungkinkan mengalami degenerasi makula seiring dengan bertambahnya usia. Pada tahap parah, penderitanya dapat mengalami kebutaan. Pasien yang mengalami glaukoma misalnya, mereka hanya bisa melihat seperti memandang pada sebuah sedotan kecil yang panjang. Lebar penglihatan mereka turun drastis.

Beragam gangguan mata ini perlu dihindari. Salah satu zat yang bisa menurunkan risiko beragam masalah pada fungsi mata adalah antioksidan. Selain dapat mencegah degerasi makula, zat ini juga mencegah hadirnya katarak hingga penyakit seperti miopia.

Inilah contoh beragam pilihan makanan sehat yang dapat menjaga fungsi mata Anda optimal sepanjang hayat dengan konsumsi yang rutin:

  1. Bawang putih. Meski bawang putih memiliki aroma menyengat yang kurang sedap, namun di dalamnya kaya nutis untuk mata. Salah satunya keberadaa belerang yang membantu memroduksi antioksidan. Bagian tubuh yang terlindungi antioksidan ini adalah mata. Bawang putih turut meningkatkan aliran darah dan meningkatkan imunitas.

  2. Dalam kubis terdapat zeaxanthin. Antioksidan membantu melindungi kerusakan mata dari beragam faktor. Contohnya adalah sinar matahari, asap rokok, dan polutan udara lainnya. Dengan begitu prnurunan fungsi mata dapat dicegah.

  3. Alpukat memiliki antioksidan berupa lutein dan zeaxanthin. Salah satu jenis sayuran ini mengandung lebih banyak lutein dibandingkan lainnya. Fungsinya untuk meningkatkan fungsi penglihatan lantaran memiliki kemampuan dalam mengurangi risiko degenerasi makula dan katarak.

  4. Sayuran hijau gelap seperti bayam juga kaya antioksidan lutein dan zeaxanthin. Antioksidan ini membantu mencegah degenerasi makula yang memicu kebutaan.

  5. Wortel. Ini adalah makanan paling sering dihubungkan dengan kesehatan mata. Hal tersebut tidak berlebihakan karena wortel memiiki kandungan beta-karoten pada pembentuk warna oranyenya. Antioksidan ini baik untuk menjaga retina dan melindungi mata dari kerusakan akibat sinar matahari.

  6. Daam paprika terdapat kandungan tinggi dari vitamin A dan C. Vitamin A dikaitkan dengan nutrisi yang membantu kesehatan mata. Sementara vitamin C yang diberikan secara cukup pada tubuh dapat menghindarikan seseorang dari katark. Manfaat ini ditemukan di semua jenis paprika baik yang warnanya merah, hijau, kuning, oranye, atau ungu.

  7. Buah ini memiliki kandungan vasoprotective dan rhodopsin. Keduanya bersifat sebagai antioksidan, anti peradangan, dan menyetabilkan kolagen. Rhodopsin berguna dalam urusan regenerasi sel. Mengonsumsi blueberry secara teratur dapat meningkatkan ketajaman mata dan memperlancar pembulu darah di belakang mata. Buah ini juga memiliki antocianin yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan mencegah penymbatan arteri sehingga asupan oksigen ke retina tetap terjaga.

  8. Tomat. Kandugan likopen dalam tomat adalah antioksidan yang juga bermanfaat bagi mata. Mata menjadi lebih terbebas dari radikal bebas yang jika sampai terserang dapat menyebabkan degenerasi makula.

0 komentar:

Post a Comment