Search This Blog

5 Keuntungan Mengonsumsi Anggur

Makanenaksehati.blogspot.com - Menikmati anggur bisa dengan dimakan langsung atau dijadikan minuman. Namun lebih baik mengonsumsi buah ini dalam keadaan utuh agar manfaatnya bisa langsung didapatkan. Makan anggur memiliki banyak kegunaan bagi tubuh. Apalagi, berbagai jenis anggur menawarkan sensasi rasa berbeda yang menyegarkan.

Dikutip dari Chatelaine, berikut khasiat yang bisa diperoleh dengan maakan anggur secara teratur:

  1. Menurunkan tekanan darah. Dalam anggur terkandung flavanoid, termasuk resveratol, yang berfungsi membantu menurunkan tekan darah dengan meningkatkan fluiditas darah. Resveratol juga akan melemaskan dinding arteri sehingga tekanan di arteri berkurang.
  2. Melawan peradangan pada tubuh. Penyebabnya adalah kandungan polifenol yang mampu mengurangi respons peradangan (inflamasi) pada tubuh. Masalah seperti jerawat atau peradangan lainnya dapat dicegah.

  3. Menjaga fungsi memori otak tetap tajam. Masalah yang menyerang otak seperti penyakit Alzheimer dan demensia bermula dari adanya akumulasi protein tertentu atau benda asing yang masuk ke otak. Salah satunya adalah senyawa amiloid. Nutrisi dalam anggur bisa mencegah akumulasi dari plak tersebut sehingga membuat otak tetap tajam untuk bekerja.
  4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Makan anggur dapat meningkatkan sel-sel dalam tubuh yang bertugas melawan hadirnya benda asing. Sel T dan sel-sel pembunuh lainnya makin kuat posisinya.
  5. Menjaga jaringan di payudara tetap sehat. Terutama bagi wanita, makan anggur berguna untuk melindungi payudara dari serangan tumor hingga kanker berbahaya. Kesehatan payudara ini juga dipicu oleh senyawa resveratol yang melindungi DNA dalam sel tubuh dan mencegahnya melakukan mutasi. Sebuah studi mengatakan, resveratol secara khusus bermanfaat melindungi jaringan payudara dari mutasi sel pada kejadian kanker payudara tertentu.

***
(Penulis: Ilham Choirul)
Foto kredit: floridahillnursery.com

0 komentar:

Post a Comment