Search This Blog

Buah dan Sayur Berwarna Gelap Lebih Kaya Antioksidan

Makanenaksehati.blogspot.com - Buah atau sayur yang berwarna gelap – seperti merah tua, biru tua, atau ungu – tidak hanya menjadi pemanis tampilan.

Kredit: shedyourweight.com
Warna buah ditentukan oleh pigmen yang dikandungnya. Dan, dari sekian warna pigmen pada buah, warna ungu memiliki kandungan antioksidan yang cukup kuat. Selama ini antioksidan dikenal sebagai senyawa aktif yang dapat menangkal pengaruh buruk radikal bebas. Di antara efek radikal bebas adalah penuaan dan munculnya penyakit degeneratif, termasuk serangan kanker.

Menurut laporan USDA, seperti dilansir Care2.com, pada kentang yang warnanya semakin gelap memiliki antioksidan dengan kadar empat kali dari kentang lainnya yang lebih terang. Ini berlaku pula pada buah-buahan dan sayuran yang memiliki pigmen lebih gelap.Mereka bagus untuk memperkaya tubuh dengan antioksidan yang tinggi.

Beberapa  pilihan buah dan sayur dengan kategori ini yaitu plum, manggis, kubis ungu, terong, blackberry, kismis hitam, anggur hitam atau ungu, dan sebagainya. Antioksidan yang ada berupa flavanoid dan termasuk reservatrol, yang berguna dalam menjaga tekanan darah dan meningkatkan kekebalan tubuh dari serangan kanker tertentu. Pada kulit anggur hitam, contohnya, punya pigmen yang kaya antioksidan dan disebut anthocyanin.

Khusus pada buah warna ungu, telah ditemukan bukti bahwa pigmen ini meningkatkan kesehatan jantung, penglihatan, dan kekuatan otak. Sementara studi terbaru mengemukakan, buah dan sayuran berwarna ungu atau biru dapat mengurangi risiko naiknya tekanan darah dan kolesterol. Juga, buah dan sayur dengan pigmen ungu cenderung mencegah dari kenaikan berat badan.

0 komentar:

Post a Comment