Search This Blog

Begini Gejala Awal Terkena Virus HIV

Gejala awal terkena virus HIV
Makanenaksehati.blogspot.com - Infeksi virus HIV (Human Immuno Deficiency) mungkin tidak secara langsung dapat diketahui dengan mata telanjang. Virus ini dalam tahap awal hanya akan terdeteksi dari pemeriksaan laboratorium. Rata-rata gejala baru akan muncul setelah beberapa tahun berjalan. Inilah yang membuat penderita HIV diketahui penyakitnya ketika kondisinya mulai agak parah.

Orang yang harus sadar untuk memeriksakan diri yaitu mereka yang berisiko tertular virus HIV. Misalnya suka gonta-ganti pasangan untuk seks atau suka nge-drugs dengan jarum suntik. Proses skrinning dapat mengetahui hadirnya virus sejak awal. Namun jika virus sudah agak lama bersemayam, kemungkinan memunculkan tanda-tanda umum pada tubuh seperti yang dikutip dari Bolsdky berikut ini:

Mengalami penurunan berat badan. Biasanya tanda ini terjadi saat virus HIV sudah mencapai tingkat agak parah. Turunnya berat badan menunjukkan pada kekebalan tubuh berangsur mulai memburuk.
  1. Sakit batuk yang tidak kunjung sembuh. Banyak sebab yang menjadikan seseorang sakit batuk. Namun batuk yang dialami oleh penderita HIV sepeti sulit sekali sembuh. Semakin hari intensitas batuknya bertambah parah. Jenis batuk yang diderita lebih sering batuk kering. Jika mendapati batuk seperti ini sebaiknya diperiksakan agar diagnosa menjadi pasti.
  2. Ada perubahan pada kondisi kuku. Kuku orang HIV terlihat seperti saling membelah atau warnanya berubah.
  3. Mengalami kelelahan hampir sepanjang hari. Kelelahan seperti ini kemungkinan hampir sama seperti yang diderita oleh pasien kanker. Penderita HIV memiliki kualitas tubuh yang semakin lemah setiap harinya ketika virus makin gesit menginfeksi. Otot dan sendiri sangat nyeri.
  4. Terlalu sering sakit kepala. Tanda ini kerap disebut dengan ARS. Penderita HIV mendapati bahwa hari-harinya lebih sering dilalui dengan sakit kepala.
  5. Terlihat banyak ruam pada kulitnya. Pada suatu ketika kerap muncul gatal sampai bisul.
***
(Penulis: Ilham Choirul Anwar)
Foto: talkvietnam.com

0 komentar:

Post a Comment