Search This Blog

8 Manfaat Baking Soda untuk Mengatasi Masalah Kesehatan




Manfaat baking soda telah dikenal sebagai salah satu bahan untuk membuat kue dan termasuk untuk bahan pembersih. Namun tahukah Anda? Baking soda ternyata juga punya khasiat sebagai penyembuh. Bahan ini bisa menjadi salah satu obat rumahan yang manjur selama digunakan secara benar. Mulai dari sengatan serangga hingga proses detoksifikasi bisa dibantu dengan baking soda.

Baking soda juga dikenal dengan Natrium bikarbonat (NaHCO3), atau kadang disebut pula hidrogen peroksida. Bahan alami ini saat berada dalam aliran darah dipakai sebagai pengatur keasaman (pH). Oleh sebab itu, tubuh yang terlalu asam bisa dibantu penetralannya dengan manaat baking soda. Sifat asam buruk bagi tubuh dan salah satunya pemicu pertumbuhan sel tumor atau kanker.

Untuk lebih mengatahui manfaat baking soda, berikut berbgai hal yang bisa dilakukan oleh bahan dapur ini:
  1. Mengatasi perut mulas. Baking soda memiliki efek yang sama seperti antasida yang mengurangi kadar gas berlebihan di dalam lambung. Cara menggunakannya adalah menyiapkan ½ sendok teh baking soda yang dilarutkan dalam ½ gelas air. Minum dan tunggu beberapa saat untuk melihat efeknya.

  2. Menyembuhkan bekas gigitan kutu pada kulit. Seringkali rasa gatal dan panas muncul di kulit saat kutus melakukan gigitan. Selain itu, sering pula muncul peradangan. Baking soda dapat mengatasi hal ini. Caranya, larutan baking soda pada sedikit air lalu terapkan pada kulit yang tergigit.

  3. Menghilangkanketombe. Cara menggunakan baking soda untuk mengatasi ketombe adalah dengan menerapkannya pada rambut yang basah. Lalu, pijat-pijat pada kulit kepala dan blas setelah selesai. Lakukan berulang selama beberpa minggu sampai ketombe hilang.

  4. Pengganti pasta gigi dan memutihkannya. Pada penggunaan yang tidak rutin, baking soda bisa dgunakan untuk membersihkan dan memutihkan gigi yang bernoda. Pasalnya, baking soda memiliki bersifat abrasif sehingga tidak cocok untuk penggunaan harian. Jika untuk tujuan membersihkan noda gigi masih memungkinkan untuk dilakukan.

  5. Meringankan nyeri atau rasa sakit pada kaki. Kaki yang terasa sakit dapat dikurangi dengan merendamkannya pada larutan baking soda hangat. Cukup larutkan satu sendok baking soda pada air hangat secukupnya pada sebuah wadah.

  6. Menguatkan otot. Mengonsumi sedikit larutan baking soda sebelum berolahraga akan menjadikan otot kuat lebih lama. Pasalnya, natrium bikarbonat dalam baking soda akan mengurangi penumpukan asam laktat dari otot yang bekerja cukup keras. Otot lebh tertunda untuk mengalami kelelahan.

  7. Menjaga alkali tubuh. Sifat bikarbonat adalah basa atau alkali dan bisa menetralkan sifat asam pada tubuh. Hal ini akan membantu penderita masalah ginjal yang tubuhnya sulit untuk menetralkan keasaman tubuh.

  8. Memberikan kesegaran pada tubuh. Ini dilakukan denga membuuat larutan dari cuka apel dengan baking soda, lalu ditambahkan pada air mandi. Ini akan membuat tubuh terasa lebih ringan dan mengurangi kelelahan.

0 komentar:

Post a Comment