Search This Blog

Sakit Maag Terbukti Berhenti Seketika dengan Minuman Ini

Maag adalah penyakit umum yang diderita oleh banyak orang. Maag disebabkan oleh meningkatkan asam lambung secara tak terkendali. Memang secara alami tubuh memproduksi asam lambung untuk mencerna makanan. Dalam kondisi tertentu, seperti perut kosong terlalu lama, asam lambung justru dapat menyakiti lambung itu sendiri.

Seringkali gejala maag bukan berupa nyeri perut saja, tetapi juga disertai gejala yang mirip masuk angin, seperti bersendawa dan tubuh terasa ngilu. Maag yang sudah kronis dapat menjelma menjadi sakit kepala tak tertahankan yang sering disalahartikan dengan minum obat sakit kepala yang justru membuat maag tambah parah. Asam lambung ini juga dapat naik hingga ke kerongkongan yang menimbulkan sensasi mual dan penyakit yang disebut Gastroesophageal reflux disease (GERD).

Luka pada lambung juga dapat diikuti dengan infeksi pada lambung yang luka. Bahkan, maag dapat memicu kerusakan organ tubuh yang lain seperti jantung dan paru-paru.

Sebagian besar orang berusaha meredakan maag dengan minum obat-obatan pereda asam lambung yang memiliki sensasi dingin, seperti Pr**mag dan obat sejenisnya. Salah besar jika Anda mengira asam lambung berlebihan adalah penyebab maag.

Penyebab maag yang utama adalah kondisi pH yang asam pada tubuh, sehingga jika Anda ingin mengobati maag seharusnya mengatasi akarnya. Jadi, Anda perlu menciptakan kondisi basa pada tubuh Anda. Makanan berjenis basa/alkali adalah sayuran (mentah) dan buah-buahan.

Dalam artikel ini, saya ingin membagikan cara tercepat menghentikan maag, yakni dengan minuman:

1. Air jeruk hangat

Mungkin Anda akan terheran-heran, karena banyak sekali anggapan minuman yang asam dapat memperparah maag. Anggapan ini tidaklah benar sepenuhnya. Jika Anda mengonsumsi air jeruk nipis hangat di pagi hari, perut memang terasa agak perih pada awalnya. Bahkan, rasa perih makin bertambah jika Anda tidak makan dalam 2 jam ke depan. Olehnya setelah Anda minum jeruk nipis hangat, makanan 1-2 piring buah-buahan.

Kalau Anda tidak suka dengan rasa jeruk nipis yang asam, ganti saja air jeruk pontianak atau jeruk medan. Caranya, peras 2-3 buah jeruk medan dengan menggunakan alat peras. Anda bisa langsung meminumnya, rasanya sangat enak, manis dan segar.

Yang lebih ampuh lagi adalah campuran air hangat dan air jeruk medan atau pontianak, lalu minumlah sesering mungkin. Perbandingannya terserah selera Anda. Kalau saya biasanya menggunakan perbandingan 1 jeruk + 1 gelas air atau 2 jeruk + 1 botol air. Jangan pakai gula, karena membuat maag makin parah.

Saat maag kambuh, bekali diri Anda dengan air jeruk di dalam botol dan minumlah seperti air biasa. Semakin tidak manis rasanya, maka semakin boleh Anda meminumnya kapan saja. Pengalaman saya minum dua botol saja dalam satu hari sudah menghentikan sakit kepala yang mendera.

Perlu Anda ingat, dilarang makan atau minum yang manis-manis setelah makan nasi, karena hal ini adalah salah satu kebiasaan yang paling sering membuat orang menderita maag atau membuat penyakit maag menjadi kambuh.

2. Jus wortel 

Jika Anda memiliki juicer, Anda bisa membuat segelas jus wortel bebas ampas yang super enak. Namun, tidak masalah juga jika Anda suka mengonsumsi wortel mentah. Jus wortel dapat meredakan maag dengan cepat. Bahkan, reaksinya sangat cepat dalam menenangkan lambung. Cobalah minuman 2 gelas jus wortel, Anda akan merasakan bedanya. Minumlah 1 gelas jus wortel, lalu minum lagi 1 gelas pada satu jam berikutnya. 

Jangan mengonsumsi jus wortel setelah makan nasi, berikan jeda 2-3 jam setelah makan nasi. 

Prinsip dari dua minuman di atas adalah mengurangi kondisi asam pada tubuh Anda sehingga maag menjadi lebih reda. Jika Anda tidak ingin maag Anda kambuh, maka selalu pertahankan kondisi basa pada tubuh. Konsumsi lebih banyak buah-buahan (saat perut kosong; sebagai sarapan pagi) dan sayuran mentah, akan membuat keasaman tubuh menghilang. 

Pilihan ada di tangan Anda. 

0 komentar:

Post a Comment