Search This Blog

Apa Itu Kanker dan Penyebabnya

penyebab kanker

Kanker merupakan penyakit yang terjadi karena pertumbuhan sel tak terkendali dan bisa masuk sekaligus merusak semua sel sehat yang ada dalam tubuh. Masing masing sel tubuh memiliki pusat pengendali bernama nukleus dan nukleus memiliki rantai DNA yang bertugas untuk mengatur sifat dan juga cara kerja dari setiap sel seperti membelah diri.

Dalam keadaan normal, sel akan membelah diri sesuai dengan waktunya dan sifat genetik pada sel normal. Akan tetapi jika terjadi mutasi sel, maka informasi genetik sel yang ada dalam rantai DNA akan rusak, menjadi ganda bahkan hilang disaat proses pembelahan sel terjadi. Pada kanker juga terjadi mutasi yakni sel yang membelah diri jumlahnya terlampau banyak sehingga akhirnya membentuk tumor, untuk lebih jelas mengenai apaitu kanker dan penyebabnya, kami memiliki ulasan paling lengkap dan singkat yang bisa anda simak.

Kelompok Kanker

Jika dilihat dari jenis sel yang terserang, maka kanker bisa dibadgi menjadi 5 kelompok seperti berikut ini.

  • Karsinoma: Kanker dari jaringan kulit atau jaringan lapisan luar organ dalam yang dibagi kembali menjadi beberapa subtipe seperti kanker sel basal, adenokarsinoma, kanker sel skuamosa dan kanker sel transisi.
  • Sarkoma: Kanker yang berasal dari jaringan ikat seperti jaringan lemak, jaringan otot, jaringan tulang rawan, jaringan tulang dan jaringan pembuluh darah.
  • Leukemia: Kanker dari jaringan pembentuk darah seperti sumsum tulang yang membuat produksi sel darah terlalu berlebihan dan akan dilepas dalam aliran darah.
  • Limfoma dan Mieloma: Kanker dari sel sistem kekbalan tubuh.
  • Kanker otak dan sumsum tulang belakang: Kanker dari jaringan sistem saraf pusat.

Penyebab Kanker

Penyebab kanker yang paling utama adalah mutasi DNA di sel yang membuat sel tersebut memecah diri terlalu cepat dari keadaan normal dan akhirnya menumpuk sel baru yang tidak dibutuhkan tubuh. Sel baru ini akan terus berkembang menjadi dewasa dan membelah diri kembali begitu pun seterusnya. Selain itu, ada beberapa hal lain yang bisa menyebabkan kanker seperti berikut ini.

1. Infeksi Virus
Beberapa jenis virus bisa mengubah materi genetis sel dalam tubuh yang nantinya akan memicu pembentukan sel kanker. Infeksi virus ini umumnya sering terjadi pada negara berkembang seperti virus HPV yang menyebabkan kanker hati, kanker leher rahim dan juga virus Epstein Barr yang menyebabkan kanker nasofaring.

2. Gangguan Keseimbangan Hormon
Dalam tubuh manusia terdapat 2 hormon yakni estrogen dan progesteron. Hormon estrogen adalah hormon untuk merangsang pertumbuhan dan perkembangan sel yang bisa memicu pertumbuhan sel kanker. Sementara hormon progesteron bertugas untuk melindungi tubuh dan mengontrol pertumbuhan sel berlebih. Saat terjadi gangguan hormon, maka nantinya bisa memicu berbagai jenis sel kanker seperti kanker leher rahim, kanker payudara dan juga kanker prostat.

3. Mengkonsumsi Makanan Kaleng
Makanan kaleng juga menjadi salah satu penyebab dari kanker karena dalam proses pembuatannya, makanan yang tersimpan dalam kaleng tersebut sudah mengalami perubahan zat.

4. Makanan Ringan Kemasan
Makanan ringan kemasan juga bisa memicu sel kanker karena sudah mengandung banyak MSG atau penyedap makanan dan pengawet. Tubuh sebenarnya sudah memiliki kekebalan pada makanan yang sudah terkontaminasi dengan pengawet dan MSG, akan tetapi jika dikonsumsi terus menerus maka sistem kekebalan tubuh semakin lemah dan akhirnya timbul beberapa jenis kanker seperti kanker otak.

5. Olahan Daging
Aneka olahan daging seperti kornet, sosis, nugget dan sebagainya mengandung natrium nitrit yang bisa membentuk nitrosamin dalam tubuh yang memicu sel kanker berubah menjadi ganas. Natrium nitrit yang digunakan pada daging olahan berfungsi untuk memberikan warna merah seperti daging segar.

6. Penggunaan Tabir Surya
Rata rata wanita selalu menggunakan sunscreen atau tabir surya untuk mencegah masalah kulit saat beraktivitas di luar ruangan. Akan tetapi perlu diketahui jika sunscreen tersebut mengandung bahan zinc oxide yang bisa memicu radikal bebas dan akhirnya merusak DNA dan menyebabkan pertumbuhan sel kanker.

7. Asap Kendaraan
Seseorang yang terlalu sering menghirup asap kendaraan seperti bahan bakar disel maka bisa menyebabkan kanker. Asap tersebut nantinya bisa memicu kanker paru paru sebab disel dan bensin melepaskan karbon monoksida dan hdrikarbon yang sangat beracun dan berbahaya.

8. Kosmetik
Wanita juga tidak bisa lepas dari penggunaan make up untuk mendukung penampilan. Tetapi bahan kimia dalam kosmetik bisa sangat berbahaya dan bisa menyebabkan kanker kulit.

9. Keripik Kentang
Salah satu jenis cemilan yakni keripik kentang juga menjadi salah satu makanan penyebab kanker apabila dikonsumsis etiap hari. Dalam keripik kentang mengandung zat karsiogenik dan juga lemak saat proses menggoreng serta kolesterol yang akhirnya memicu kanker seperti kanker prostat.
Dengan mengetahu secara jelas tentang apai itu kanker dan penyebabnya, maka sudah seharusnya anda lebih meningkatkan kewaspadaan saat mengkonsumsi makanan dan berkegiatan sehari hari dengan cara rajin berolahraga dan selalu mengkonsumsi makanan yang sehat.

0 komentar:

Post a Comment