Search This Blog

Manfaat Buah Apel Mengobati Maag

Buah Apel
Kita semua pasti tahu buah apel. Jenis apel ada bermacam-macam. Bukan saja rasa buah ini yang enak, khasiatnya pun bermacam-macam, di antaranya mengobati maag (gastritis) atau tukak lambung.

Penyakit maag sangat mengganggu. Gejalanya nyeri lambung dan mual. Dalam tahap yang sudah parah gejalanya bisa sampai sakit kepala, bahu, muntah kuning hingga pingsan. Bagi penderita akut, stress sedikit saja dapat langsung meningkatkan kadar asam lambung dan efeknya adalah maag.

Tips yang ingin saya bagikan ini adalah berdasarkan pengalaman pribadi saya, juga sedikit riset di internet.

Waktu terbaik untuk makan buah (apel) adalah pagi hari di saat perut masih kosong. Kenapa? Karena buah-buahan yang kita makan bisa langsung dicerna oleh sistem pencernaan kita tanpa ada makanan lain yang menghambatnya.

Pertama-tama, sediakan buah apel. Biasanya saya menggunakan apel Fiji karena rasanya yang dijamin manis. Jangan makan apel malang yang hijau karena rasanya tidak manis. Rasa asam justru dapat membuat maag tambah parah, bukan.

Cuci apel hingga benar-benar bersih. Ini penting, apalagi jika Anda ingin makan buah apel impor, karena buah apel impor diberi bahan pengawet berupa lilin agar apel tidak lekas busuk. Untuk lebih amannya, sebaiknya apel dikupas, jangan makan kulitnya. Memang, sayang, sih, padahal kulit apel baik dikonsumsi. Saya anjurkan jika Anda ingin makan apel dengan kulitnya, makanlah apel malang saja.

Setelah dikupas dan dipotong-potong, apel langsung dimakan. Jangan sampai apel berubah warna menjadi kecokelatan jika terlalu lama di udara terbuka. Makan lah apel 1-2 buah, dan makan lagi 1,5 jam kemudian atau ketika Anda lapar. Jangan makan makanan lain hingga jam 11 siang.

Biasanya dalam tiga hari, rasa nyeri lambung menghilang. Saya anjurkan mulai lah kebiasaan baik dengan sarapan buah setiap pagi. :)

Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat, mohon disebarluaskan. Terima kasih.

2 comments: