Search This Blog

Fakta Sehat Seputar Bayam

Makanenaksehati.blogspot.com - Sayur bayam kerap digambarkan sebagai makanan super yang mampu membuat tubuh kuat seperti ditunjukkan dalam film kartun “Popeye”. Jika ditelaah lebih jauh, sebenarnya sayur ini memang bisa dikatakan makanan  penunjang agar badan tetap sehat. Di dalamnya terkandung banyak nutrisi yang sangat bagus jika dikonsumsi dengan rutin.

Dikutip dari AllAfrika, ada sejumlah fakta sehat tentang bayam yang perlu diketahui. Berikut ulasannya:

  1. Bayam mengandung senyawa oksalat. Senyawa ini dapat menghambat penyerapan kalsium dan zat besi. Namun hal itu bisa diatasi dengan memadukan konsumsi bayam beserta makanan lain yang kaya dengan vitamin C, sepeti jeruk atau melon usai menyantap sayur tersebut. Atau, untuk mengurangi asam oksalat bisa dilakukan dengan merebusnya minimal dua menit.
  2. Bayam tidak hanya dapat menunjang kesehatan mata dan tulang. Sayuran ini juga mengandung serat yang baik bagi pencernaan. Mengonsumsinya akan memudahkan buang air besar dan melindungi lapisan lendir pada lambung. Selain itu, racun yang turut masuk ke usus ikut terbuang lewat feses.
  3. Bayam mengandung asam folat cukup tinggi. Zat ini penting untuk melindungi sistem saraf pada janin sekaligus melindungi otaknya.
  4. Mengonsumsi bayam dengan teratur dapat menyehatkan kulit. Kulit turut memanfaatkan kandungan vitamin dan mineral dari sayur ini sekaligus menjadikannya lembab serta bercahaya. Menyeruput jus bayam setiap hari cukup efektif meningkatkan kecantikan.
  5. Bayam membantu menghindarkan dari pengerasan arteri atau pembuluh darah (aterosklerosis). Ini terjadi berkat kandungan lutein pada bayam. Zat ini turut mengurangi risiko penyakit kardiovaskular lainnya – seperti serangan jantung dan stroke – dengan membersihkan kolesterol jahat secara bertahap.
***
Foto kredit: telegraph.co.uk

0 komentar:

Post a Comment