Search This Blog

4 Alasan Sehatnya Makan Salak

Makanenaksehati.blogspot.com - Salak adalah buah asli Indonesia yang kerap disajikan utuh atau dibuat produk olahannya.

Buah ini kerap dijadikan asinan hingga dibuat keripik. Namun, cara mengonsumsi yang paling sehat adalah memakannya secara utuh tanpa diolah. Buah dengan kulit bersisik tajam ini memiliki 20-30 jenis. Manfaatnya sama sekalipun jenisnya berlainan.

Dikutip dari Gen22.net, salah memiliki manfaat sebagai berikut:
  1. Menjaga kesehatan mata. Kandungan beta-karoten pada salah sangat tinggi. Pada 100 gram dari buah salak, menyimpan antioksidan ini 5,5 kali lebih tinggi dibanding mangga. Selain itu, kandungan nutrisi tersebut tiga kali lebih tinggi dari jambu biji dan lima kali lebih banyak dibanding semangka. Beta-karoten menjaga fungsi optik dan saraf mata tetap optimal.
  2. .
  3. Mengobati diare. Buah salak dapat dipakai untuk melawan bakteri penyebab diare. Untuk mendapatkan manfaat ini disarankan mengonsumsi sekitar 20 gram daging salak. Imbangi dengan minum cukup cairan agar tubuh tidak dehidrasi.
  4. Salak adalah camilan dengan nutrisi yang baik. Bagi ibu hamil yang memerlukan aktivitas mengemil lebih sering, makan salak akan mengenyangkan sekaligus kaya dengan gizi yang juga baik untuk ibu dan janin. Namun, pastikan tetap dalam pantauan dokter kandungan.
  5. Membantu penurunan berat badan. Ada beberapa nutrisi dalam salak yang dapat membantu program diet. Serat, vitamin C, tanin adalah beberapa di antaranya. Serat pada buah salah membantu perut terasa kenyang lebih lama. Di samping itu, serat akan mengangkut lemak dalam perut untuk dibuang bersama feses.

0 komentar:

Post a Comment