Search This Blog

Ini Manfaat Nutrisi Dalam Wortel



Kredit: doktercantik.com
Makanenaksehati.blogspot.com - Wortel bisa dikatakan salah satu superfood.  Perhatikan saja, sayuran ini kaya dengan nutrisi yang berguna bagi kesehatan tubuh. Di dalamnya diketahui terdapat thiamin, niacin, vitamin B6, folat, dan mangan. Wortel juga menjadi sumber yang baik akan serat, vitamin A, vitamin C, vitamin K, dan kalium.

Seperti dikutip dari Timesofindia.com, mengonsumsi wortel setidaknya menghasilkan manfaat seperti berikut:

  1. Mencegah penuaan. Wortel kaya dengan antioksidan betakaroten. Senyawa ini berguna untuk melawan radikal bebas. Selama ini radikal bebas diketahui menyebabkan berbegai masalah bagi tubuh seperti menimbulkan degenerasi sel sehingga kulit tampak tua hingga memicu terbentuknya sel kanker.
  2. Mempercantik beberapa bagian tubuh. Misalnya pada kulit, rambut, dan kuku, semuanya bisa terjaga kesehatan dan kecerahannya. Ini berkat antioksidan dan vitamin A yang dimiliki oleh wortel.
  3. Menjaga kesehatan kardiovaskular. Selain betakaroten, wortel juga memiliki antioksidan alfakaroten dan lutein. Ketiga antioksidan ini kala bekerja sama dapat mengurangi kolesterol. Lemak jahat ini juga akan disingkirkan dengan serat yang dimiliki wortel. Kolesterol adalah komponen pemicu penyakit kardiovaskular –seperti serangan jantung dan stroke – selain dari faktor hipertensi.
  4. Menjaga kesehatan gigi. Mengonsumsi wortel akan mencegah gigi tertimbun oleh plak. Pasalnya, produksi air liur akan lebih banyak sehingga menyeimbangkan keasaman rongga mulut yang dapat melawan bakteri penyebab gigi berlubang.
  5. Meningkatkan fungsi liver. Wortel juga membantu proses detoksifikasi pada liver. Wirtel akan mengurangi penyimpanan lemak di dalam liver.
  6. Mencegah infeksi. Sebagai obat luar, wortel mencegah infeksi kuman pada luka. Caranya tinggal oleskan air atau jus wortel pada luka. Ini berfungsi sebagai antiseptik.

0 komentar:

Post a Comment