Search This Blog

Anggur Bermanfaat Mulai dari Kulit Sampai Daging Buahnya

Makanenaksehati.blogspot.com - Anggur memiliki banyak jenis.

Kredit: lovelyninda.wordpress.com
Namun semua anggur sudah pasti punya banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Mulai dari kulit airnya sampai ke daging buahnya, sama-sama bergizi. Kulit buah anggur – terutama yang gelap – mengandung banyak antioksidan. Antioksidan ini dibentuk dari pigmen kulit anggur. Semakin gelap warna kulitnya, maka antioksidan semakin tinggi.

Sementara itu, daging buahnya tak kalah hebatnya. Di dalamnya terdapat banyak serat yang membantu tubuh mengikat kolesterol jahat. Nutrisinya bahkan mampu melindungi pembuluh darah dari timbunan plak yang menimbulkan risiko serangan jantung koroner.

Dikutip dari Boldsky.com, ada banyak lagi manfaat anggur sebagai berikut:

  1. Anggur memiliki flavanoid yang membantu meningkatkan kadar kolesterol HDL. Kolesterol baik ini akan menyeimbangkan jumlah kolesterol LDL yang jahat, sehingga arteri menjadi tidak tersumbat.
  2. Resveratol dalam anggur mencegah pembentukan sel-sel tumor yang bisa berkembang menjadi kanker.. Bagi wanita, anggur sangat baik untuk mencegah kanker payudara.
  3. Minum jus anggur setiap hari dapat menyembuhan batuk.
  4. Serat anggur membantu mengobati sembelit. Seratnya juga bagus untuk memperlancar proses mencerna makanan.
  5. Minum jus anggur matang adalah obat alami untuk mengatasi sakit kepala sebelah atau migren. Hindari menambahkan air pada saat meminum jus ini.
  6. Antioksidan pada anggur juga baik untuk kesehatan rambut. Fungsinya bisa mengurangi jumlah rambut yang rontok.
  7. Bagi yang ingin memanfaatkannya untuk kecantikan kulit, minum jus anggur bia mengurangi bintik hitam dan jerawat pada wajah. Di samping itu, antioksidannya dapat menunda proses penuaan kulit.

0 komentar:

Post a Comment