Search This Blog

Beragam Nutrisi Tomat Beserta Manfaatnya

Makanenaksehati.blogspot.com - Tomat adalah buah sehat yang pantas dijadikan menu santapan harian.


Kredit: carabadansehat.blogspot.com
Sekalipun bentuknya bulat kecil, di dalamnya tersimpan nutrisi yang berguna bagi tubuh. Dalam sebuah studi, tomat secara signifikan mencegah kanker payudara. Ini terjadi karena buah tersebut memiliki kandungan antioksidan kuat yang bernama likopen.
 
Dikutip dari Boldsky.com, tomat masih memiliki beragam manfaat lainnya. Berikut berbagai kegunaan tomat untuk kesehatan:

  1. Dilihat dari nutrisinya, buah tomat kaya dengan vitamin A, C, K, asam folat, dan kalium. Buah ini kaya pula dengan serat dan air.  Sebaliknya tomat memiliki jumlah yang sedikit dari kalori, sodium, lemak jenuh, dan kolesterol LDL yang jahat.
  2. Vitamin A dan C pada tomat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kedua vitamin ini berkontribusi pula untuk kesehatan penglihatan yang lebih baik.
  3. Jus tomat mendorong peningkatan kolesterol HDL yang baik. Kolesterol ini secara aktif akan menyetabilkan kadar kolesterol LDL yang jahat.
  4. Vitamin B6 pada tomat membantu pembuluh darah aman dari kerusakan sehingga melindungi jantung. Vitamin ini juga secara aktif mengurangi kolesterol jahat.
  5. Kalium pada tomat membantu penurunan tekanan darah.
  6. Tomat membantu menurunkan berat badan. Kalori yang rendah dan tingginya serat akan meluruhkan lemak dalam tubuh.
  7. Tomat membantu tubuh tetap terhidasi dengan kandungan air yang dimilikinya.
  8. Kandungan beta-karoten tomat akan memperlambat proses penuaan. Selain itu, bila dioleskan pada muka berjerawat bisa menyembuhkan.
  9. Tomat aman dikonsumsi penderita diabetes. Ini berkat vitamin B1 di dalamnya yang membantu metabolisme gula menjadi energi.

0 komentar:

Post a Comment