Search This Blog

Buah Naga Punya Segudang Nutrisi Penting



Makanenaksehati.blogspot.com - Buah naga, atau dragon fruit, adalah buah yang hidup dengan lingkungan miskin air.

Kredit: tropicalfruitnursery.com
Tanpa banyak disiram, tanaman buah naga dapat hidup subur. Buahnya cukup besar dan dagingnya terasa cuku berair. Beberapa jenisnya memiliki daging buah berwarna merah atau putih dengan biji-biji hitam kecil yang menyebar. Sesuai dengan gaharnya naga, buah tersebut juga memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa.

Dikutip dari situs Fruitsinfo.com, buah naga membantu meningkatkan kekuatan memori otak dan meningkatkan metabolisme tubuh. Di samping itu, rasa manis buah naga tidak mengganggu penderita diabetes. Nilai indeks glikemiknya rendah dan nutrisinya mampu menurunkan kadar gukosa dalam darah. 

Namun bagi yang sedang melakukan program diet sebaiknya tidak berlebihan mengonsumsinya. Sebab, buah naga bisa merangsang peningkatan nafsu makan. Bagi orang yang sedang sakit dan menuurun nafsu makannya, buah ini mungkin cocok. Tetapi, tetap konsultasikan dengan dokter terhadap kemungkinan adanya efek sampingnya.

Dari sisi nutrisi, banyak sekali kandungan di dalamnya. Misalnya terdapat vitamin B1, B2, B3, C, karoten, fosfor, zat besi, protein, dan karbohidrat. Protein inilah yang membantu memperlancar proses metabolisme tubuh. Vitamin C  buah naga akan membantu menguatkan imunitas tubuh dan membantu penyembuhan penyakit atau luka.

Buah naga baik untuk penderita asma dan infeksi saluran pernapasan. Antioksidannya membantu mengurangi kolesterol dan mencegah hipertensi, serta menetralkan pengaruh buruk radikal bebas. Jadi, jangan ragu untuk menjadikan buah naga sebagai bagian dari menu harian Anda.

0 komentar:

Post a Comment