Search This Blog

Ingin Tambah Kreatif? Olahraga Saja dengan Rutin

Kreativitas bisa ditingkatkan dengan olahraga
Makanenaksehati.blogspot.com - Berolahraga bukan aktivitas sia-sia. Selain fisik bakal lebih bugar dan sehat, olahraga juga membuat mental menjadi makin kreatif. Hal ini terungkap dari studi yang dilakuan Universitas Leiden di Belanda yang menemukan ada kaitan positif antara olahraga dengan kreativitas. Lorenza Colzato, sang peneliti, mengatakan kecerdasan divergen dan konvergen orang-orang yang berolahraga cenderung mengalami peningkatan.

Kemampuan berpikir divergen maksudnya yaitu, seseorang mampu memberikan banyak solusi terhadap suatu masalah. Dia mampu memberikan berbagai alternatif untu penyelesaian  hal yang dipermasalahkan. Sebaliknya, berpikir konvergen adalah seseorang dapat memberikan solusi tunggal dari sebuah masalah.
Dengan temuan ini Colzato menyampaikan bahwa orang yang berolahraga cenderung memiliki cara berpikir yang fleksibel. Namun kemampuan ini ada catatannya, yaitu aktivitas olahraga harus dilakukan secara rutin. Jika berolahraga hanya sesekali saja kemungkinan untuk mendapatkan kedua kecerdasan tersebut masih jauh.

"Kami berpendapat bahwa gerakan fisik yang baik (berkontribusi) bagi kemampuan berpikir fleksibel. Tetapi, hanya jika tubuh digunakan secara  aktif. Sebagian besar dari energi yang diperuntukkan untuk berpikir kreatif, muncul dari gerakan (fisik) itu sendiri,” ungkap Colzato.

Studi yang dipublikasikan dalam jurnal Frontiers in Human Neuroscience mengambil kesimpulan dengan melakukan percobaan pada dua kelompok relawan. Mereka diberikan tugas yang melibatkan peran otak untuk berpikir. Satu kelompok diminta berolahraga dengan rutin dan satu kelompok tidak. Selama satu bulan mereka mendapatkan empat tugas. Hasilnya, kelompok yang terdiri dari orang-orang yang rajin berolahraga poin dari tugasnya lebih memuaskan dibanding kelompok yang tidak berolahraga.

" Berolahraga secara teratur dapat bertindak sebagai penambah kognitif, mempromosikan kreativitas dengan cara yang murah dan sehat," kata Colzato.
***

(Penulis: Ilham Choirul)
Foto kredit: arizonahealthspot.org

0 komentar:

Post a Comment