Search This Blog

Push-up 30 Detik Bikin Kantuk Lenyap

Push-up selama 30 detik dapat menghilangkan kantuk
Makanenaksehati.blogspot.com - Jelang istirahat siang biasanya tubuh terasa cukup lesu. Rasa kantuk tidak tertahankan lantaran tenaga sudah terforsir untuk bekerja sejak pagi hari hari. Sebagian orang memilih untuk mengambil secangkir kopi untuk mata lepas dari kelelahan dan mengembalikan konsentrasi. Namun tahukah Anda? Sebenarnya rasa kantuk itu bisa disingkirkan dengan gerakan yang dilakukan dalam waktu 30 detik.

Ajaibnya, latihan ini setara dengan orang yang minum kopi untuk mendapatkan manfaat kafein. Gregory Ferenstein, seorang penulis mengatakan, syarat untuk memeroleh manfaat tersebut harus melakukan jenis latihan yang berat. Contohnya adalah push-up dan gerakan yang serupa itu. Gerakan seperti ini akan memicu denyut jantung lebih cepat dan membuat badan lebih segar.

"Saya telah menemukan bahwa 30 detik latihan berat badan dengan intensitas tinggi, memberi saya dorongan mental yang sama seperti suntikan kafein,” kata Ferenstein, seperti dikutip Daily Mail.

Untuk menguji pendapatnya ini, Ferenstein melakukan ujicoba dengan membandingkan pengaruh kafein dan latihan berat  untuk mengerjakan sebuah permainan yang melibatkan kognitif otak. Untuk asupan kafein digunakan kopi yang memiliki kadar 250 miligram. Sementara itu, permainan kognitif yang dilakukan akan dipakai untuk melihat sejauh mana tingkat konsentrasi dan kemampuan berpikir.

Hasilnya, baik kafein maupun latihan berat sama-sama meningkatkan kemampuan kognitif. Diketahui terjadi peningkatan kognitif karena pengaruh kafein sebesar 6 persen. Di satu sisi, kemampuan kognitif yang muncul dari latihan berat justru meningkat sampai 12 persen.  Namun kafein mampu meningkatkan kemampuan ingatan jangka pendek sebesar 26 persen. Nilai ini lebih tinggi dari latihan berat yang hanya meningkat 16 persen.

Dengan demikian latihan berat yang sekalipun dilakukan dalam waktu singkat, memiliki pengaruh signifikan terhadap kesegaran otak. Latihan ini tidak hanya menyehatkan tubuh, tetapi juga mental. Studi lain yang dilakukan Universitas South Carolina juga menemukan bahwa melakukan lari di aat threadmill secara teratur mendorong kebaikan di pusat kekuatan sel otak.
***
(Penulis: Ilham Choirul)
Foto kredit: kristinmcgee.com (klik gambar untuk memperbesar)

0 komentar:

Post a Comment