Search This Blog

Campuran Alkohol dan Minuman Berenergi Racuni Jantung

Campuran alkohol dan minuman berenergi dapat meracuni jantung
Makanenaksehati.blogspot.com - Ulah peminum alkohol memang banyak tingkah. Tidak sedikit dari mereka mengoplos alkohol dengan cairan lainnya demi mendapatkan efek yang “keras” saat ditenggak. Salah satu bahan campurannya adalah minuman energi. Konon dengan mengoplosnya, akan didapat rasa yang lebih “garang” dan memicu kenaikan stamina.

Anggapan ini sangat salah. Peminum alkohol tidak hanya akan mabuk, tapi mereka juga bisa keracunan. Studi dari University of Michigan institute for Social Research  dan Penn State University menemukan, campuran alkohol dengan minuman energi malah akan membuat seseorang menjadi makin ketagihan. Sementara di lain sisi, kebanyakan alkohol turut memicu masalah jantung.
Dikutip dari Daily Mail, studi yang dilakukan Dr Megan Patrick  dan Profesor Jennifer Maggs tersebut melibatkan 652 siswa yang diminta memberitahukan aktivitas minum alkohol mereka yang dioplos minuman energi, selama dua minggu. Hasilnya, aktivitas mabuk mereka makin berat dan memiliki masalah kecanduan yang serius termasuk masalah pada jantung.

Hal ini didukung studi lain yang dilakukan peneliti University of Bonn menemukan bahwa alkohol berlebihan  dapat membawa seseorang memiliki irama jantung yang fatal. Kontraksi jantung terlihat makin tidak terkendali setelah satu jam meminum alkohol. Hal ini menyebabkan ventrikel kiri atau ruang jantung memompa darah lebih cepat dari batas wajar. Kondisi sepeti ini sangat membahayakan.

Ada kekhawatiran tentang potensi efek samping produk pada fungsi jantung, terutama pada remaja dan dewasa muda,” kata Dr Jonas Dorner.
***
(Penulis: Ilham Choirul)
Foto kredit: psychcentral.com


0 komentar:

Post a Comment