Search This Blog

Cara Mudah Mengatasi Susah Buang Air Besar Dengan Kopi

Idealnya, kita harus buang air besar setiap hari, terutama pada pagi hari setelah bangun tidur.

kopi cara melancarkan buang air besar
Kredit: programmablecoffeemaker.net
Saat tidur, tubuh melakukan proses pembersihan diri. Itulah mengapa pada orang yang pencernaannya normal, ia akan buang air besar begitu bangun dari tidur.

Namun, seringkali sistem pencernaan tidak bekerja dengan baik karena faktor makanan yang tidak sehat dan begadang, sehingga buang air besar tidak lancar seperti yang seharusnya. Nah, tulisan ini ingin berbagi seputar tips melancarkan buang air besar secara sederhana dengan meminum kopi. (Baca juga: Buah-Buahan untuk Membersihkan Usus Besar)

Sudah banyak penelitian yang menjelaskan bahwa kopi memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, seperti membersihkan liver, mencegah stres, mencegah diabetes dan kanker, bahkan untuk kecantikan. Kopi sendiri adalah minuman yang berasal dari ekstraksi tanaman biji kopi. Kata ‘kopi’ berasal dari bahasa Arab ‘qahwah’ yang artinya kekuatan, karena pada awalnya minuman ini dijadikan sebagai sumber energi tinggi. Catatan sejarah menyebutkan minuman ini ditemukan oleh Bangsa Etiopia di Afrika sekitar 3000 tahun yang lalu dan terus berkembang hingga menjadi salah satu minuman yang paling populer didunia.

Saya mencatat pengalaman teman-teman saya, termasuk saya sendiri dalam mengatasi susah buang air besar dengan minum kopi. Biasanya, hanya dalam waktu setengah jam setelah meminumnya, maka Anda akan langsung ke belakang.

Berikut langkah-langkah menyiapkan minuman kopi untuk melancarkan buang air besar: (Baca juga: Cara Cepat Sembuh Dari Penyakit Tipes, Berdasarkan Pengalaman)

1. Siapkan kopi bubuk  dari jenis kopi apa saja. Sebaiknya kopi bubuk asli, bukan kopi bubuk dalam kemasan.
2. Masukan kopi ke dalam gelas sesuai selera Anda.
3. Tuangkan air panas 80 sampai 100 derajat celcius seperempat gelas, aduk-aduk. Lalu tuangkan air panas sisanya sambil diaduk-aduk.
4. Kopi siap diminum.

Bagi yang ingin menambahkan gula, boleh hanya sedikit saja, tapi sebenarnya tidak dianjurkan karena gula dapat mengurangi khasiat kopi dan justru menimbulkan berbagai macam penyakit.  Tidak dianjurkan juga menggunakan mesin pembuat kopi atau saringan karena mengurangi khasiatnya dalam melancarkan buang air besar.

Kunci membuat kopi yang enak adalah tidak menambahkan gula sebelum dituang air panas, karena gula dapat menyerap panas air sehingga bubuk kopi tidak larut dengan sempurna.

Selain melancarkan buang air besar, kopi juga dapat membersihkan hati (liver) dan pencernaan. Itu karena kandungan kafein dan serat kopi, makanya jangan menggunakan saringan, tapi air yang sangat panas saja.

2 comments:

  1. Nggak nyangka ya kopi juga bermanfaat untuk buang air besar... Thanks gan atas sharenya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Gan, sebenarnya ada banyak bahan-bahan alam di sekitar kita yang kita ngga sangka sebenarnya bermanfaat buat kesehatan. Terima kasih sudah mampir.

      Delete