Search This Blog

5 Jenis Buah Berry Ini Ampuh Melawan Kanker




Alam memberikan keajaiban yang istimewa bagi manusia. Termasuk, alam telah menyediakan berbagai cara menakjubkan dalam mengatasi berbagai penyakit. Penyakit kanker, misalnya, dapat diatasi dengan mengonsumsi berbagai jenis sayur dan buah-buahan terutama yang kaya antioksidan. Begitu pula ada tanaman khusus (herbal) yang memiliki khasiat sebagai antikanker. Salah satu jenis buah yang mampu memberikan perlawanan kuat terhadap kanker adalah buah  berry.

Ada beberapa macam jenis buah berry yang dikenal saat ini. Misalnya strawberri, goji berry, cranberry, dan sebagainya. Ternyata dalam buah-buahan ini tersimpan beragam nutrisi yang mampu menurunkan ukuran tumor ataupun kanker dengan beragam cara. Misalnya meningkatkan kekebalan tubuh sehingga secara alami kanker dilawan secara otomatis oleh tubuh. Ada pula reaksi kimia tertentu dari senyawa yang dimiliki buah berry dan melawan langsung terhadap perkembangan sel kanker.

Banyak ahli yang menganggap keluarga berry sebagai salah satu makanan super (super food) atas kemampuan hebatnya itu. Super berry terbukti ampuh untuk mencegah dan sekaligus menyebabkan kematian sel-sel kanker secara alami. Berikut beragam jenis buah berry yang dapat dimasukkan sebagai terapi kanker atau menjadi pencegah hadirnya kanker:

  1. Acai berry. Ekstrak acai berry secara klinis membantu membunuh sel-sel leukemia saat diterapkan langsung selama periode 24-jam. Secara khusus, 86 persen dari sel-sel leukemia tersebut mengalami kejadian apoptosis. Ini adalah kejadian sel kanker mengalami rasa “lapar” karena kurangnya pasokan makanan, dan mereka saling memakan sel kanker lainnya. Saat diekstrak, para peneliti mendapati efek ini dipicu oleh konsentrasi tinggi dari antioksidan a Ini adalah sejenis flavonoid yang memberikan warna khas hitam-ungu pada acai berry.

  2. Blushwood berry. Buah dari pohon Blushwood dapat membunuh sel-sel kanker dan tuor secara langsung. Buah ini juga memotong suplai darah ke sel kanker dan mengaktifkan sistem kekebalan tubuh. Imunitas akan membabat sel kanker yang mengalami kekacauan siklus akibat dihentikan makanannya berupa asupan darah berisi nutrisi. Hanya saja, saat ini penelitian masih terbatas pada pohon blushwood berry yang ada di Far North Queensland, di tengah hutan hujan Australia.

  3. Goji berry. Dalam goji berry ditemukan senyawa sesquiterpene. Senyawa ini diketahui bermanfaat bagi pasien tekanan darah tingi, orang-orang dengan penyakit jantung, hingga meringankan ketidaknyamanan menstruasi. Di samping itu juga diberikan untu mengobati pasien dengan kanker serviks. Dalam goji berry juga ditemukan nutrisi germanium. Fungsinya adalah menekan pertumbuhan tumor dan memiliki manfaat antikanker. Goji berry juga diyakini mengurangi resiko atau membantu pengobatan kanker testis, kanker paru-paru, kanker hati, dan kanker rahim.

  4. Cranberries. Telah lama buah ini dipakai untuk membantu melawan infeksi kandung kemih dan cystitis. Dan, penelitian juga menemuka bahwa cranberry juga dapat membantu memerangi H.pylori, sebuah bakteri yang berhubungan dengan penyakit ulkus peptikum dan kanker lambung.

  5. Raspberry hitam. Raspberry hitam kaya antocianin. Penelitian menunjukkan jenis antioksidan kuat ini ditemukan dalam beragam jenis berry dan kubis merah, yang memberikan buah-buahan dan sayuran warna biru, merah, atau ungu.Senyawa ini kuat melawan penyakit yang disebabkan oleh stres oksidatif dan radikal bebas. Di dalamnya termasuk jenis kanker tertentu, penyakit jantung ,dan peradangan kronis.

0 komentar:

Post a Comment