Search This Blog

Cara Alami Mencerahkan Siku dan Lutut Hitam




Bagi wanita, siku dan lutut hitam mungkin bagian dari aib kecantikan. Hadirnya warna gelap di bagian tersebut kerap disebabkan oleh kekeringan pada kulit dan akumulasi sel-sel kulit yang mati. Masalah ini sebenarnya juga dialami oleh kulit di berbagai tubuh lain. Hanya saja bagian siku dan lutut adalah yang paling sering terlihat dengan tanda adanya penebalan di tempat tersebut. Apalagi, di kedua bagian ini sering mendapat perlakukan yang lebih kasar dari bagian tubuh lain.

Nah, bagian hitam tersebut akan sangat terlihat ketika wanita memakai pakaian berlengan pendek atau gaun yang ada di atas lutut. Di kedua tempat ini ternyata juga memiliki kandungan kelenjar minyak yang lebih rendah. Akibatnya selain warnanya menghitam, juga mungkin terlihat kering dan layu. Gesekan alami antara pada lutut dan siku yang terjadi secara kontinyu turut memberikan efek hitam, di samping pengaruh buruk dari sinar matahari.

Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa menerapkan cara sederhana dengan memanfaatkan beragam bahan alami di sekitar kita. Perawatan untuk mencerahkan siku dan lutut hitam ini juga terbilang terjangkau ketimbang melakukannya ke pusat-pusat kecantikan. Sila cari bahan-bahan alami ini dan terapkan di tempat menghitam tersebut:

  1. Bawang putih dan bawang merah. Potong masing-masing satu siung dari bawang putih dan merah. Cuci bersih dan lumatkan, lalu oleskan minyaknya pada lutut dan siku hitam. Dalam bawang terdapat kandungan mineral dan minyak atsiri, termasuk vitamin C. Zat-zat ini dapat mencerahkan kembali kulit yang gelap di bagian tubuh itu.

  2. Madu dan lidah buaya. Jadikan madu dan daging lidah buaya yang sudah dilumatkan sebagai masker. Campur keduanya sampai menyatu dan tempelkan pada siku atau lutut sambil menunggunya setengah jam sebelum dibilas. Pemakaian teratur dapat mencerahkannya. Madu memiliki sebagian besar fitokimia, enzim, dan senyawa asam alami yang mampu menjadi pelembab kulit alami. Sementara pada lidah buaya terdapat kandungan saponin dan lignin yang dapat membersihkan kulit secara efektif.

  3. Kunyit dan madu. Jika tidak menemukan lidah buaya, dapat juga menyampur madu dengan bubuk kunyit. Campur kedua bahan menjadi pasta dan oleskan pada siku atau lutut. Kedua bahan ini akan memutihkan kembali kulit yang gelap dan kaya antioksidan merawat kulit.

  4. Scrub gula dan lemon. Campurkan air lemon atau jeruk nipis secukupnya dengan gula pasir. Butiran gula ini nantinya dijadikan scrub untuk bagian siku dan lutut hitam. Sementara air lemon yang mengenai bagian tersebut akan mencerahkannya. Pada saat menerapkan scrub ini dilakukan dengan gerakan melingkar.

  5. Soda kue (baking soda). Baking soda juga bisa menjadi bahan untuk mencerahkan kulit siku atau pun lutut. Cara menggunakannya adalah dengan menyampur satu sendok baking soda dengan susu murni secukupnya. Pijatkan pada siku atau lutut dengan gerakan melingkar. Susu akan memutihkan kulit, sementara baking soda bertindak sebagai scrub yang dapat mengangkat sel kulit mati.

  6. Minyak zaitun. Minyak zaitun juga dikenal sebagai salah satu bahan alami untuk memutihkan kulit. Pada kulit yang kasar seperti di lutut dan siku, minyak ini dapat elembutkannya kembali. Cara memakainya, hangatkan minyak zaitun lalu pijatkan pada area yang menghitam selama kurang lebih 10 menit. Dengan pemakaian teratur dapat mencerahkan kembali lutut dan siku hitam.

0 komentar:

Post a Comment