Search This Blog

5 Makanan Ini Punya Sifat Penyembuh Berbagai Masalah Kesehatan

sakit pilek

Setiap orang pasti akan memiliki masalah kesehatan baik sifatnya ringan hingga berat. Jika sudah demikian, maka biasanya akan berobat ke dokter dan mendapatkan resep obat yang sesuai. Namun, ada pula orang yang tidak menggantungkan pengobatan pada obat konvensional. Mereka memakai obat alami atau herbal untuk mengatasi gangguan kesehatan yang dialaminya.

Ada beberapa makanan yang jika dikonsumsi memberikan efek baik pada tubuh secara umum. Masalah kesehatan yang menyerang bahkan bisa sembuh dengan mengonsumsinya secara rutin. Dan, makanan-makanan ini mudah diperoleh di sekitar Anda.

Dikutip dari Natural News, berikut beberapa makanan alami yang punya khasiat sebagai penyembuh beragam masalah kesehatan:

  1. Cuka apel. Cuka apel sering dipergunakan untuk beragam tujuan. Misalnya untuk membersihkan sayuran dan buah-buahan agar hilang kandungan pestisida maupun kotorannya, dan sering pula dipakai untuk obat. Cuka ini secara klinis diakui pula keampuhannya dalam mematikan bakteri patogen. Ketika diminum, zat dalam cuka apel bertindak laksana antibiotik. Manfaat lainnya adalah membantu menurunkan kadar gula darah, membantu penurunan berat badan, hingga menjadi suplemen untuk meningkatkan kesehatan jantung. Cuka apel dapat dikonsumsi sebagai tambahan dalam salad sayuran untuk dressing, atau dicairkan dengan air putih lalu diminum. Hanya saja sebaiknya dosis yang dikonsumsi tidak lebih dari dua sendok makan setiap harinya.

  2. Beragam jamur yang masuk dalam kategori layak makan, semuanya bergizi tinggi. Ada sebagian jamur yang sering dijadikan obat herbal. Contohnya adalah jamur reishi dan maitake. Jamur reishi diketahui berkaitan dengan peningkatan sistem kekebalan tubuh saat dikonsumsi. Ini berguna untuk mempertahankan diri dari berbagai serangan penyakit. Jamur reishi juga dihubungkan dengan kemampuannya menyetabilkan tekanan darah, menyehatkan jantung, hingga kemungkinan menjadi obat HIV. Sementara itu, jamur maitake juga berguna meningkatkan imunitas. Manfaat lainnya untuk menjaga kadar kolesterol, gula darah, dan mecegah kanker. Jika kesulitan mendapatkan jamurnya dalam bentuk utuh, dapat pula membeli ekstrak jamur yang kini banyak dperjualbelikan.

  3. Biji chia. Dalam kecilnya biji chia terkandung manfaat cukup besar. Biji ini mengandung protein, serat, antioksidan, omega 3, dan gizi mikro. Untuk menggunakan biji chia, cukup tambahkan dua sendok makan pada menu makan atau cemilan seperti roti. Kalori biji ini untuk dua sendok tersebut hanya 128 kalori.

  4. Madu murni. Madu yang diambil langsung dari sarang lebah liar membawa banyak kegunaan bagi kesehatan tubuh. Madu seperti ni bisa dipakai sebagai makanan sekaligus obat dalam, dan obat luar saat dioleskan. Madu memiliki sifat antiperadangan, atibiotik, hingga mencerahkan kulit. Untuk pengobatan, madu akan meringankan sakit tengorokan, batuk, demam, alergi, gangguan pencernaan, dan sebagainya. Minuman ini dapat dikonsumsi langsung, dicampur dengan air, atau dtambahkan pada makanan atau minuman lain. Madu juga sehat untuk pengganti gula pasir.

  5. Kacang. Apapun jenisnya seperti walnut, hazelnut, almond, kacang tanah, dan sebagainya adalah makanan yang bergizi. Kacang kaya dengan asam lemak tak jenuh, omega 3, serat, hingga vitamin E. Seringkali makanan ini dikaitkan dengan jantung yang lebih sehat dan kuat.

0 komentar:

Post a Comment