Search This Blog

Buah-Buahan Ini Mujarab Melawan Penyakit Kanker

cranberry

Banyak orang takut dengan penyakit kanker. Sebenarnya, kebanyakan pemicu dari penyakit ini adalah kebiasaan tidak sehat dari penderitanya. Setiap tubuh manusia memiliki bibit-bibit kanker. Bibit ini seharusnya setiap hari dilawan dengan berbagai nutrisi dan aktivitas fisik sehingga pertumbuhannya tidak sampai meluas. Kondisi tubuh yang cenderung asam karena pola makan yang buruk, turut mempercapat penyebaran sel kanker sehingga menjadi parah.

Dalam terapi konvensional, penanganan kanker dilakukan dengan cara melakukan proses kemoterapi hingga radio terapi. Dalam proses ini, sel kanker akan dihantam dengan obat keras yang mampu mematikannya terutama pada sel kanker utama. Namun, proses kemoterapi atau radioterapi memiliki efek serius yaitu matinya sel sehat yang ada di sekitar sel kanker. Efek samping lainnya antara lain pusing, mual, rambut rontok, dan sebagainya.

Sebagian orang ada pula yang memilih cara pengobatan alami untuk menyembuhkan kanker. Selain tidak menimbulkan efek samping yang tidak mengenakkan, cara alami ini juga terbukti sama ampuhnya dengan terapi konvensional.

Tahukah Anda? Ada beberapa jenis buah-buahan yang ternyata memiliki kemampuan melawan kanker secara signifikan. Buah ini bisa dijadikan salah satu cara penyembuhan kanker dari sisi konsumsi makanan. Inilah buah-buahan yang bisa dikonsumsi:

  1. Pisang dan grapefruits. Dua buah-buahan ini diketahui dapat menurunkan keparahan kanker hingga 10 persennya menurut beberapa studi. Para ahli meyakini salah satu sebabnya adalah tingginya kandungan vitamin C pada keduanya. Vitamin C merupakan antioksidan kuat yang dapat mengurangi kejadian stres oksidatif dan mencegah perubahan DNA pada sel-sel yang akhirnya bisa menyebabkan kanker. Pisang dan grapefruit memiliki serat tinggi dan terbukti mencegah beberapa jenis kanker seperti kanker usus besar. Mengonsumsi satu buah dari kedua macam buah-buahan tersebut akan menghindarikan dari serangan kanker.

  2. Apel, anggur merah, dan stroberi. Buah apel, anggur merah, dan stroberi secara efektif mampu mengurangi kanker hingga 40 persen. Zat yang diduga memiliki peran penting untuk hal ini adalah antosianin. Ini adalah senyawa yang memberikan warna merah pada buah-buahan tersebut yang dikenal sebagai zat antikanker. Anggur merah juga sumber resveratrol, yaitu senyawa memiliki sifat anti Ketiga buah ini juga tinggi serat yang melancarkan pencernaan.

  3. Lemon dan cranberry. Kedua buah ini memiliki kemampuan untuk melawan kanker yang cukup tinggi persentasenya. Mengonsumsi lemon dan cranberries mampu menekan pertumbuhan sel kanker sampai 50 persen. Sangat disarankan untuk mengonsumsinya setiap hari. Pada lemon dan cranberry terdapat kandungan vitamin C yang lebih tinggi dari berbagai jenis buah-buahan. Senyawa aktif lainnya yang berguna untuk melawan kanker adalah asam sitrat, antosianin, dan beragam antioksidan . Jika lemon tidak mudah didapatkan, maka bisa diganti dengan jeruk nipis. Minum perasan jeruk nipis yang ditambahkan pada air hangat setiap pagi hari. Untuk cranberry, selain baik dalam melawan kanker, juga kerap menjadi obat alami untuk infeksi saluran kemih (ISK). Zat antibiotik pada cranberry bisa melawan bakteri yang menyebabkan ISK dan mencegahnya menjadi kebal seperti halnya pada pengobatan dengan obat antibiotik farmasi.

0 komentar:

Post a Comment