Search This Blog

7 Cara Meningkatkan Kerja Sistem Limfatik dalam Proses Detoksifikasi




Proses pembuangan racun atau detoksifikasi adalah hal yang sangat diperlukan tubuh. Dari proses inilah nantinya racun atau pun limbah-limbah tidak berguna di tubuh akan dibuang ke dalam beragam cara. Ada yang dikeluarkan lewat tinja, urin, bahkan keringat. Tubuh memiliki mekanismenya sendiri untuk melakukan detoksifikasi yang salah satunya dilakukan melalui sistem limfatik.

Dalam sistem ini, zat-zat tidak berguna dari tubuh akan dibawah oleh kelenjar getah bening. Proses detoks ini terjadi lebih optimal saat seseorang sedang terlelap pada saat tidur malam. Namun dalam aktivitasnya, sistem limfatik juga memerlukan dukung dari Anda untuk lebih aktif dalam melakukan tugasnya.

Dikutip dari laman Natural News, hal-hal berikut ini sangat membantu memperlancar aktivitas detoksifikasi racun yang dilakukan oleh sistem limfatik:

  1. Lakukan olahraga secara teratur. Gerakan latihan sederhana seperti lompat-lompat di atas trampolin atau pun lompat tali selama 5 menit per hari sudah cukup untuk mendukung kerja sistem getah bening Anda. Anda bisa pula melakukan aktivitas jalan kaki dan peregangan untuk mendapatkan manfaat yang sama. Mudah bukan?

  2. Konsumsi banyak air. Agar kelenjar getah bening makin optimal bekerja, maka jangan sampai tubuh mengalami dehidrasi. Menjaga tubuh tetap terhidrasi akan menjaga getah bening tetap mengalir dengan baik. Cara paling sederhana adalah minum 6 sampai 8 gelas setiap hari. Namun sebaiknya hindari minuman-minuman yang kurang sehat sepeti jus buah berkadar gula tinggi dan minuman energi yang kaya kafein.

  3. Jauhi minuman soda. Minuman berbuih ini juga sebaiknya dihindari demi mendapatkan kerja sistem limfatik yang lebih baik. Minuman seperti ini, termasuk minuman energi dan jus buah manis, akan memperberat kerja sistem getah bening. Baiknya hanya mengonsumsi air putih.

  4. Konsumsi kacang-kacangan dan biji-bijian. Makanan seperti ini kaya dengan asam lemak yang berguna bagi tubuh seperti dari jenis omega 3. Zat ini bermanfaat dalam meningkatkan daya kerja kelenjar getah bening. Anda bisa mengonsumsi kenari, almond, hazelnut, kacang brasil, biji rami, biji bunga matahari, hingga biji labu.

  5. Minum jus cranberry. Selain baik untuk mencegah dan mengobati infeksi salurah kemih, buah cranberry dapat pula meningkatkan kerja sistem limfatik. Sari dari buah ini membantu meluruhkan lemak yang membandel di dalam sistem limfatik. Namun konsumsi jus ini tanpa bantuan gula tambahan agar tidak meningkatkan gula darah.

  6. Lakukan pernapasan dalam-dalam. Bernapas secara dalamdalam membantu pergerakan kelenjar getah bening. Dengan melakukan trik ini maka sudah membantu pergerakan kelenjar tiga kali lebih cepat di dalam tubuh.

  7. Makan sayuran hijau. Di dalam sayuran hijau pasti terdapat zat hijau daun atau klorofil. Klorofil ini saat masuk tubuh bermanfaat untuk membantu membersihkan darah dan getah bening. Apapun jenis sayuran hijau yang dikonsumsi, efeknya baik untuk kesehatan Anda.

0 komentar:

Post a Comment