Search This Blog

Ini Manfaat Teh Dandelion, Si Gulma yang Tumbuh Liar

teh dandelion

Dandelion adalah tanaman liar yang banyak tumbuh di Asia, Eropa, dan Amerika Utara. Di Indonesia, tanaman ini disebut dengan randa tapak dan umumnya dianggap sebagai gulma. Padahal kalau mau tahu lebih banyak soal dandelion, Anda akan dapati beragam manfaat dengan menggunakan bagian dari tubuh tanaman ini.

Bagian dandelion yang sering dipakai untuk obat adalah akar dan daunnya. Untuk meraciknya sebagai obat dapat direbus menjadi teh dandelion. Akarnya dipercaya sebagai herbal yang membantu membersihkan liver. Senyawa dalam akarnya dapat meningkatan produksi empedu sehingga meningkatkan kerja pencernaan.

Cairan empedu juga membantu liver dalam mencerna makanan dan membuang racun secara cepat serta efisien. Dandelion juga kaya dengan vitamin dan nutrisi untuk kesembuhan liver yang bermasalah. Selain berguna bagi liver, teh dandelion juga bisa memberikan manfaat berikut ini:

  1. Melawan kanker. Studi klinis yang dilakukan oleh Cancer Centre Windsor Regional terhadap pengaruh teh dandelion terhadap pasien kanker darah dan limfoma menemukan, dandelion dapat mempengaruhi terjadinya apoptosis. Ini adalah peristiwa sel-sel kanker merasa “lapar” lalu saling memakan sel kanker lainnya. Dengan begitu secara otomatis jumlah sel kanker akan berkurang.

  2. Herbal untuk membuang racun tubuh. Teh dandelion juga bisa untuk sarana detoksifikasi alami bagi tubuh. Racun-racun yang ada di ginjal dan liver dapat dikeluarkan dengan mudah. Untuk tujuan ini bisa dipadukan dengan herbal jenis lain untuk memperkuat efek manfaat. Dandelion memiliki sifat diuretic, tonik, dan sedikit efek pencahar. Ini adalah stimulan yang terutama digunakan untuk organ berkemih dalam mengatasi gangguan pada ginjal maupun liver.

  3. Mengobati diabetes. Dandelion berguna bagi pasien diabetes. Pasalnya, tanaman ini dapat merangsang produksi insulin dari pankreas dan sekaligus menjaga kadar gula dalam darah. Saat jumlah insulin kurang, kadar gula cenderung meningkat dan menjadi awal dari penyakit diabetes. Selain meminum the dandelion, disarankan pula tetap menjaga pola makan secara sehat. Teh dandelion hanya akan berjalan efektif dalam mengatasi diabetes asalkan faktor pemicu lain juga diperhatikan agar tidak dilakukan oleh pasien.

  4. Mencegah dan mengatasi infeksi saluran kemih (ISK). ISK adalah penyakit yang lebih sering dialami oleh wanita, sekalipun pria juga dapat mengalaminya. ISK jika tidak segera ditangani dapat merembet sampai ke ginjal. Sementara bagi wanita, dapat merembet pula pada organ reproduksi dengan terbentunya kista. Membuat teh dari kombinasi akar dan daun dandelion dapat membunuh bakteri penyebab ISK. Selain itu, sifat diuretic dari dandelion menjadikan bakteri lebih banyak dikeluarkan lewat urin.


Dalam membuat teh dandelion, bisa ditambahkan dengan bahan alami lain seperti madu, jahe, hingga kapulaga. Selain rasanya akan menjadi nikmat, manfaat yang diperoleh juga semakin beragam. Herbal adalah sarana pencegahan dan pengobatan yang makin efektif saat dipadukan dengan berbagai bahan.

0 komentar:

Post a Comment