Search This Blog

5 Buah Ini Bisa Menurunkan Kolesterol

Makanenaksehati.blogspot.com - Jika ingin terhindar dari masalah penyakit kardiovaskulas, seperti penyakit jantung dan stroke, tidak bisa ditawar lagi bahwa kadar kolesterol dalam tubuh mesti dikontrol.

Kredit: healthylifealifah.blogspot.com
Tingginya kolesterol membuat terjadinya timbunan plak pada arteri yang menimbulkan penyumbatan. Di saat tekanan darah ikut tinggi, maka berpotensi menyebabkan kedua penyakit di atas.

Ada beragam buah-buahan yang dapat dipakai untuk menurunkan kolesterol. Dikutip dari Boldsky, seseorang tinggal mengonsumsinya secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Berikut lima buah-buahan untuk mengusir kolesterol jahat:
  1. Lemon. Zat yang berguna untuk menormalkan kolesterol tubuh dalam buah ini adalah pektin. Senyawa pektin secara aktif mengurangi timbunan kolesterol. Mengonsumsinya bisa dimakan secara utuh atau diambil air sarinya.
  2. Anggur. Sifat basa dalam anggur membuat keasaman pada darah dapat dikurangi. Air yang ada di dalam anggur turut membersihkan lemak yang mengeras atau menumpuk sehingga terbuang dari tubuh.  Anggur juga memiliki senyawa pektin yang berguna dalam penurunan kolesterol.
  3. Apel. Dua senyawa apel yang berguna dalam mengatasi kolesterol adalah pektin dan karoten. Selain itu, kedua zat tersebut menyetimulai perbaikan otot di dalam pencernaan. Seratnya turut membuang sisa makan melalui ke arah saluran pembuangan.
  4. Alpukat. Lemak dalam alpukat berjenis lemak tak jenuh. Porsinya bahkan mencapai 20-30 lebih banyak dari buah lain. Namun, lemak alpukat tidak berbahaya dan justru bisa menurunkan kolesterol. Di samping itu, lemak alpukat tidak memicu kenaikan berat badan.
  5. Jambu biji. Buah ini juga memiliki pektin dan vitamin C yang tinggi. Konsumsi rutin jambu biji ikut menurunkan kolesterol dalam darah.

0 komentar:

Post a Comment