Search This Blog

Buah yang Baik untuk Penglihatan Mata

Buah yang baik untuk mata
Makanenaksehati.blogspot.com - Buah apakah yang baik untuk mata, dalam arti buah yang mampu menjaga penglihatan kita agar dapat berfungsi dengan baik hingga tua nanti. Mengonsumsi buah-buahan yang kaya vitamin dapat mengurangi resiko rabun senja, degenerasi makula, katarak dan penyakit mata lainnya.

Berikut buah-buahan yang baik untuk mata kita:

1. Stroberi (Strawberry)
Buah ini kaya dengan vitamin C, K, mangan, folat, potasium, serat, sodium dan lemak jenuh. Vitamin C adalah anti oksidan yang menjaga daya tahan tubuh dengan cara membuat sel-sel dan jaringan tetap sehat, memperkuat pembuluh darah dan meningkatkan kekebalan tubuh. Vitamin C dan anti oksidan dalam stroberi mampu menjaga mata dari degenerasi makula.

2. Aprikot
Aprikot mengandung vitamin A, C, E, lemak jenuh, kolesterol dan sodium. Kombinasi vitamin A, C dan E adalah anti oksidan yang menghambat degenerasi sel makula dan katarak. Vitamin A melindungi mata dari kekeringan. (Baca juga: Cara Ampuh Mengobati Mata Minus dengan Teh Daun Mangga)

3. Kiwi
Buah ini diklaim sebagai buah dengan vitamin C tertinggi, vitamin A, E, kaya serat dan penuh anti oksidan. Menjadi buah nasional negara Cina. Melindungi mata dari degenerasi makula.

4. Anggur
Anggur mengandung anti oksidan tinggi dan fruktosa yang dapat memberikan energi instan, menjaga kesehatan jantung, dan menjaga mata dari degenerasi makula. Anti oksidan yang tinggi dikaitkan dengan perlindungan dari penyakit katarak. Juga mampu mengurangi kolesterol di dalam darah.

5. Jambu
Mengandung serat, vitamin C, A dan E, juga asam folat, potasium, mangan dan tembaga. (Baca juga: Buah yang Baik untuk Penyakit Maag)

6. Jeruk
Kaya dengan vitamin C, potasium, kalsium, flavonoid, lutein & zeaxanthin. Vitamin C menjaga mata dari kerusakan makula, sementara lutein dan zeaxanthin adalah anti oksidan yang mengurangi resiko katarak dan degenrasi makula.

7. Pepaya
Mengandung vitamin C, E dan A, serta enzim papain.

8. Mangga
Mengandung asam amino, flavonoid, vitamin C, E, niasin, beta karoten, kalsium, magnesium, zat besi dan potasium.  Beta karoten sangat baik untuk mata, menjaga mata dari kekeringan. Salah satu buah yang baik untuk mata kita.

Tips:
Makanlah buah saat perut masih kosong, paling baik pada pagi hari. Bisa dimakan utuh atau dijus. Jika dijus, pastikan tidak dicampur dengan gula atau susu, dan minum sambil dikumur-kumur agar bercampur dengan air ludah. Anda bisa memulai pagi hari dengan segelas air jeruk nipis hangat, perasan jeruk orange, dan sepiring buah-buahan atau segelas jus.

0 komentar:

Post a Comment