Search This Blog

Makanan untuk Membantu Penyembuhan Batuk

perempuan batuk
Batuk sebetulnya tidak memerlukan obat, meskipun kodokteran modern sudah demikian maju. Namun, seperti kebanyakan masalah kesehatan lainnya, makanan yang tepat dapat memberikan dampak positif yang besar bagi penyembuhan batuk.

Diet bukanlah obat ajaib yang dapat menyembuhkan batuk, tapi beberapa jenis makanan dapat menenangkan gejala atau bahkan dapat meningkatkan kekebalan alami tubuh Anda. Sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter jika gejala batuk semakin memburuk karena bisa jadi ada penyakit lain di dalam tubuh Anda. berikut adalah jenis makanan yang harus Anda konsumsi saat terkena batuk dilansir dari livestrong.com:

1. Sup
Banyak dokter yang mengakui bahwa sup dapat membantu meredakan penyakit flu. Menurut Health Bulletin, para dokter mengakui kekuatan sup dalam sebuah penelitian tahun 2000. Para dokter merekomendasikan sup yang dapat membantu meredakan batuk. Cairan hangat sup memiliki efek anti-inflamasi (peradangan) yang dapat menenangkan iritasi tenggorokan, penyebab batuk kering. Mikronutrien dalam bahan sup memperkuat imunitas tubuh. Meskipun para peneliti tidak dapat menjelaskan sebab yang pasti, namun penelitian tersebut menyimpulkan bahwa sup ayam adalah sup terbaik untuk penderita batuk. (Baca juga: Capsaicin, Senyawa Cabai Penekan Sel Kanker)

2. Makanan pedas
Capsaicin adalah zat kimia yang menghasilkan sensasi panas dalam makanan pedas. Salah satu khasiat capcaisin adalah mencairkan lendir, bertindak sebagai ekspektoran alami. Dalam bukunya, Alternative Cures, Bill Gottlieb merekomendasikan sup pedas untuk menggabungkan khasiat sup dan pedas dalam menghasilkan kualitas ekspektoran yang lebih kuat. Sup ayam pedas tentunya menjadi sajian nikmat yang membantu meredakan batuk. (Baca juga: 13 Makanan Super Untuk Kulit Putih)

3. Vitamin C
Organisasi kesehatan, Kaiser Permanente, melaporkan bahwa vitamin C sangat penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tubuh tidak menyimpan vitamin C, sehingga penting sekali adanya asupan vitamin C dari luar untuk mempercepat pemulihan dari batuk. Makanan tinggi vitamin C, di antaranya brokoli, paprika, kiwi, tomat dan jeruk. Tips sederhan yang bisa Anda coba adalah dengan meminum segelas air jeruk murni setiap pagi sebagai sarapan. Hal ini memberikan sensasi nyaman di leher dan sekaligus memberikan vitamin C yang diperlukan dalam proses penyembuhan. (Baca juga: 7 Alasan Sehatnya Buah Nanas) (*)

Kredit foto: news.com.au

0 komentar:

Post a Comment