Search This Blog

Sakit Berkepanjangan? Pulihkan Diri Dengan Cara Ini!

Hampir semua manusia pernah mengalami sakit dalam hidupnya.

tidur adalah sarana penyembuhan diri
Kredit: eatrightstayhealthy.com
Apalagi tingkat pencemaran semakin meningkat seiring dengan pertumbuhan industri dan jumlah penduduk. Sakit itu sudah pasti tidak enak, banyak hal yang tidak bisa dikerjakan. Tidak bisa kerja, tidak bisa jalan, tidak bisa belajar, wah macam-macam lagi.

Ini ada beberapa tips yang bisa diaplikasikan untuk cara cepat pulih dari sakit dilansir dari Fitnea.com:

1. Makanan sehat
Pastinya ini harus ada. Mungkin Anda menganggap ini masalah klise yang sudah Anda tahu. Begitu juga kalau saya katakan harus perbanyak buah dan sayuran, semua orang sudah tahu. Eit, tapi pasti banyak yang belum tahu bahwa pada dasarnya semua buah dan sayur itu baik dikonsumsi, tapi bagaimana cara yang benar dan cara yang enak (banyak yang nggak suka sayur, kan).

Kalau mau makan buah-buahan, makanlah saat perut kosong atau 20 menit sebelum makan besar, kecuali pisang harus 50 menit sebelum makan besar. Itu karena buah tidak bisa diserap secara efektif kalau ada makanan yang nangkring di lambung. Bagi Anda yang tidak suka sayuran, pasti sulit memakan banyak. Maka, bisa diekstrak dengan juicer, lalu minum. Rasanya memang tidak begitu enak, agak langu, tapi sehat banget. Kalau mau agak enak, bisa dicampur wortel, misalnya brokoli campur wortel, bayam campur wortel, dan sebagainya.

2. Minum banyak air putih
Sehari kita butuh minimal 8 gelas air putih yang mampu mengeluarkan zat-zat racun dari dalam tubuh dan memperlancar metabolisme. Jadi, jangan sampai dehidrasi, yah.

3. Pertahankan suhu tubuh tetap hangat
Caranya, pakai pakaian tebal, makan sup hangat, atau minum air hangat. Hindari AC dan kipas angin. Suhu dingin membuat bakteri dan kuman berlama-lama di dalam tubuh. Keringatan tak apa, itu baik untuk mengeluarkan racun.

4. Gunakan masker
Ini digunakan untuk mencegah kontak dengan orang lain agar mereka jangan sampai tertular. Masker juga melindungi dari debu dan menjaga pernafasan tetap hangat. Apalagi kalau Anda sering naik motor, pakailah masker.

5. Istirahat cukup
Tidur minimal 8 jam dan jangan begadang, karena tidur yang baik adalah di jam 10 malam sampai jam 4 pagi. Itu saat tubuh membersihkan dirinya sendiri. Tidur siang juga tidak apa-apa jika tubuh yang masih lemas membutuhkan, tapi jangan kebanyakan karena takutnya mata tidak ngantuk saat malam hari.

6. Udara segar
Buka jendela pada pagi hari. Keluar rumah di pagi hari untuk menghirup udara segar dan berjemur di bawah sinar matahari pagi yang sehat untuk kulit dan tulang.

7. Minum obat
Kalau terkena penyakit ringan, jangan terburu-buru mengambil obat. Cara di atas sebenarnya cukup untuk menyembuhkan diri. Konsultasikan dengan dokter mengenai obat yang harus dikonsumsi. Biasanya obat diperlukan jika tubuh terkena infeksi sehingga memerlukan anti biotik untuk melawan kuman.

Demikian tips-tips memulihkan diri dari sakit. Jika ada pertanyaan atau pendapat lain, silahkan berkomentar. Terima kasih.

0 komentar:

Post a Comment