Search This Blog

Cara Mudah Mengobati Sariawan dengan Cepat

Halo pembaca,

Cara mudah mengobati sariawan dengan cepat
Kredit: Wikipedia
Anda pasti sudah tak asing lagi dengan penyakit mulut yang bernama sariawan (stomatitis aphtosa), yakni kelainan pada selaput lendir mulut berupa luka yang nampak seperti bercak putih kekuningan. Sakitnya bisa bukan main.

Tahukah Anda bahwa 10 % dari populasi di muka bumi terkena penyakit ini dan wanita lebih sering terkena sariawan ketimbang pria. Wanita mudah terkena sariawan saat mengalami menstruasi karena salah satu penyebab penyakit ini adalah perubahan hormonal.

Selain itu, penyebab umum munculnya sariawan adalah makanan atau minuman panas, alerg, kurang vitamin C, luka tergigit, kekurangan zat besi, kelainan pencernaan, bakteri dan gejala tubuh tidak fit. Jika sariawan di tempat yang sama terjadi selama 2 minggu sampai satu bulan, maka waspadalah dengan penyakit kanker mulut.

Tulisan ini ingin membagikan beberapa tips untuk menyembuhkan penyakit sariawan. Tidak disarankan untuk menggunakan albothyl karena ternyata justru membuat sariawan makin parah dan sakitnya luar biasa.
Tips-tips di bawah ini sederhana saja dan gampang diaplikasikan:

1. Minum banyak air putih
Air putih membantu melancarakan proses metabolisme dan membersihkan tubuh dari racun. Air putih juga mencegah terjadinya dehidrasi dan membuat mulut tidak kering.

2. Makan buah bervitamin C tinggi
Makan buah nanas dan mangga yang terkenal mengandung vitamin C tinggi. Makanlah buah-buahan sebelum makan nasi. Sebaiknya dijadikan sarapan pagi.

3. Berkumur dengan anti septic
Ada perbedaan pendapat mengenai berkumur dengan anti septic seperti Listerine. Ada yang mengatakan hal ini dapat memperparah sariawan karena membunuh anti septic alami di dalam mulut. Ada pula yang mengatakan hal ini dapat membunuh bakteri penyebab sariawan. Namun, berdasarkan pengalaman  saya, berkumur dengan anti septic dapat mengobati sariawan, terutama saat sariawan masih berupa gejala, yakni memar di mulut. Pilihlah anti septic kumur yang original. Saya pernah menggunakan green tea, tapi sariawan malah makin parah.

4. Paling ampuh: kentang goreng
Anda pastinya sudah tak asing lagi dengan kentang goreng yang menjadi menu di restoran cepat saji seperti KFC dan McDonalds. Saat Anda memakan kentang ini, tempelkan di bibir yang terkena sariawan dan makan kentang dengan dikunyah pelan-pelan.

Silahkan dipraktekkan, jangan lupa share hasilnya di kolom komentar. Terima kasih. :)

0 komentar:

Post a Comment