Search This Blog

Kenapa Saya Minum Segelas Air Jeruk Setiap Pagi?

jeruk dapat diminum tiap pagi

Kebiasaan saya ini mungkin dianggap aneh oleh sebagian orang? “Loh, kok, kamu minum air jeruk pagi-pagi, nanti maag.” Kira-kira begitulah kata orang yang baru pertama kali melihatnya. Yah, saya harus jelaskan apa saja manfaat minum air jeruk setiap pagi, termasuk bisa mengobati maag, lho. 


Saat baru bangun pagi, saya ambil tiga atau empat buah jeruk medan atau Pontianak atau siam, jeruk peras jenis apa saja, jeruk sunkist kalau kuat dengan harganya, hehehe. Saya peras untuk diambil airnya. Biasanya, 3-4 buah jeruk menghasilkan ¾ sampai 1 gelas jeruk. Saya minum air jeruk itu pelan-pelan. Rasanya segar, dingin tentu saja (karena dari kulkas) dan enak di lambung. Kadang-kadang saya minum air jeruk nipis pagi-pagi, paling baik setiap hari, tapi saya belum tahan aja.

Jeruk nipis peras (juniper) maupun jeruk peras memiliki manfaat yang sangat besar bagi tubuh. Sejauh yang saya tahu, manfaatnya minum air jeruk setiap pagi, sebagai berikut:

1. Mengobati maag

Kebanyakan orang sulit percaya jika air jeruk dapat mengobati maag, padahal demikianlah adanya. Segelas air jeruk bisa mengobati luka di dalam lambung. Kalau ada orang yang baru pertama kali minum air jeruk nipis dan lambungnya terasa perih, itu karena lambungnya memang luka. Kalau diteruskan dan rajin, bisa hilang, kok. Maag saya berangsur-angsur sembuh karena minum air jeruk setiap pagi, makan buah dan tidak begadang.

2. Mengalkali tubuh

Keasaman tubuh itu harus seimbang antara asam dan basa, bahkan harus lebih basa (alkali) sedikit. Jeruk bersifat alkali, benar-benar minuman alkali. Tubuh yang terlalu asam dapat mengembangkan berbagai penyakit degeneratif. Minum air jeruk membantu mencegahnya. Sifatnya yang alkali ini juga membantu menghilangkan asam lambung.

3. Tinggi vitamin C, Daya Tahan Tubuh Terjaga

1 buah jeruk mengandung 116,2 persen asupan vitamin C, salah satu vitamin dasar yang diperlukan bagi tubuh. Vitamin C diperlukan untuk menjaga struktur kolagen, yang menghubungkan jaringan serabut, urat, tulang rawan, dan jaringan lainnya. Orang yang cukup struktur kolagen mudah sembuh dari penyakit memar, patah tulang, dan luka ringan. Vitamin C diperlukan juga untuk menyerap zat besi dan meningkatkan konsentrasi, serta menetralkan radikal bebas. Daya tahan orang yang kecukupan vitamin C lebih kuat, tidak mudah terserang flu. Dulu, saya menderita ‘bengek’ sejak kelas 6 SD sampai kuliah, nafas bau, dan berbagai macam penderitaan lainnya. Syukurlah, sekarang sudah hilang karena minum air jeruk setiap pagi.

Kebiasaan buruk yang dapat mengurangi vitamin C adalah merokok, minum alkohol dan konsumsi obat tertentu. Minum kopi juga dapat mengurangi vitamin C tapi dapat memberikan manfaat lainnya.

4. Segar, Sedap dan Berenergi Positif

Hehe, ini manfaat tambahan dari perasaan saya. Minum jeruk itu menyegarkan tenggorokan, badan dan pikiran. Perasaan yang senang dari manisnya jeruk memberikan saya semacam energi positif untuk memulai hari yang berat sekalipun.

Demikianlah alasan kenapa saya minum air jeruk setiap pagi. (*)

Kredit gambar: Wikipedia

0 komentar:

Post a Comment